Edukasi Kesehatan Siswa dalam Aksi Bergizi di MTsN 9 Gunungkidul

Rongkop (MTsN 9 Gunungkidul) — Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul melalui Puskesmas Rongkop bekerja sama dengan MTsN 9 Gunungkidul menggelar kegiatan Aksi Bergizi, Jumat (3/5/2024). Berbagai kegiatan diadakan untuk menyukseskan acara. Salah satunya sosialisasi cegah stunting dan edukasi menu gizi seimbang. Hadir narasumber dari Puskesmas Rongkop Ika Mita Yunita dan Sugeng Sudarno.

Dalam kesempatan itu Ika menyampaikan materi pentingnya pencegahan stunting sejak dini. Anemia adalah salah satu faktor risiko terjadinya stunting. “Penyebab anemia adalah kurangnya zat besi. Banyak remaja putri kekurangan zat besi karena kurang makan sayur, buah, dan olahraga,” jelas Ika. Penyampaian materi ini diikuti dengan aksi nyata cegah stunting minum obat tablet darah bersama khusus siswa putri.  Pemberian pil penambah darah ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan siswa putri sehingga terhindar dari berbagai efek yang ditimbulkan oleh anemia.

Narasumber kedua, Sugeng Sudarno, menyampaikan materi menu gizi seimbang. Sugeng memberikan edukasi sepuluh pedoman gizi seimbang. Kegiatan ini memberikan pengetahuan tentang gizi yang baik sehingga menambah wawasan pada siswa tentang makanan sehat.

Selama kegiatan para siswa tampak antusias mengikuti acara karena penyampaian materi diikuti dengan permainan yang menarik perhatian siswa.

 

sumber: gunungkidul.kemenag.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *