Wuih! Libur Panjang, Jumlah Pengunjung Teras Kaca di Gunungkidul Naik Dua Kali Lipat

GUNUNGKIDUL—Kawasan pantai di Gunungkidul masih menjadi primadona kunjungan wisata pada momen libur Iduladha. Pasalnya destinasi ini menjadi tujuan wisata terbanyak.

Sejumlah destinasi terlihat dipadati wisatawan. Salah satunya terlihat di Teras Kaca di kawasan Pantai Nguluran di Kalurahan Girikarto, Panggang.

Pengelola Teras Kaca, Nabila Nasution mengatakan momen liburan sudah terasa karena ada peningkatan kunjungan dibandingkan dengan hari biasa. Menurut dia, banyak yang datang untuk menikmati wahanya di Teras Kaca.

“Total ada 12 wahana poto dan banyak pengunjung yang hadir untuk berfoto maupun swafoto. Yang paling diminati adalah ngopi di atas laut dan Jogja Swing [bermain ayunan dari atas tebing laut],” kata Nabila, Jumat (30/6/2023).

Menurut dia, peningkatan bisa mencapai 100%. Di hari biasa, jumlah pengunjung yang membeli paket wahana di Teras Kaca hanya sekitar 100 orang per hari. Namun, pada saat libur kali ini bisa menembus 200 paket wahana per harinya. “Ini belum termasuk dari tiket masuk. Kalau ikut dihitung maka jumlah yang berkunjung lebih banyak lagi,” katanya.

Untuk persiapan libur panjang, Nabila tidak menyiapkan paket khusus karena yang ditawarkan normal seperti di hari biasa. Meski demikian, guna memberikan kenyamanan bagi pengunjung dengan tetap memperhatikan kualitas layanan.

“Total kami mempekerjakan 30 pegawai dan 99% berasal dari penduduk lokal. Untuk memotivasi agar memberikan layanan terbaik, setiap tahun kami rutin memberikan hadian motor atau ibadah umrah kepada karyawan terbaik,” katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan, momen libur panjang Iduladha destinasi wisata di Gunungkidul banyak dikunjungi wisatawan. Meski demikian, untuk lokasi masih didominasi di kawasan pantai.

Dia mencontohkan selama dua hari liburan, total ada kunjungan sebanyak 15.716 pengunjung. Meski demikian, Hary mengakui jumlah ini belum termasuk kunjungan pada Jumat dikarenakan masih berlangsung dan datanya baru direkap saat malam hari.

“Mayoritas masih ke kunjungan wisata pantai. Untuk tempat lain memang ada peningkatan, tetapi tidak sebanyak kunjungan ke pantai. Selama libur ini, kami targetkan kunjungan sebanyak 47.950 orang,” katanya.

 

sumber: harianjogja.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *