Bupati Menerima Kepala BPK Perwakilan DIY

Jumat (16/11/2018) Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, menerima Kepala Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan DIY (Ibu Yusnadewi,SE,MSi,Ak.), di Ruang Rapat Bupati.

Bupati dalam menanggapi tamu BPK tersebut didampingi oleh Inspektur Daerah (Drs.Sujarwo,M.Si.), Asisten Administrasi Pemerintahan (Drs.Sudodo,MM), Sekretaris BKAD (Putro Sapto Wahyono,SIP,MT.), Kepala Bidang Akuntansi BKAD (RR. Noor Indra Triwulandari,SE) dan beberapa pejabat OPD terkait. Pertemuan ini dalam rangka exit Pemeriksaan Pendahuluan dengan Pemeriksaan Tujuan Tertentu atas Belanja Daerah Tahun Anggaran 2018 dan sekaligus entry Pemeriksaan Terinci atas Belanja DaerahTahun Anggaran 2018.

Yusnadewi menyampaikan pertemuan ini ada 2 agenda yaitu exit pemeriksaan pendahuluan dan entry pemeriksaan terinci yang akan dilaksanakan mulai tanggal 21 November 2018. Hasil pemeriksaan pendahuluan kemarin, 12 November 2018 dan berakhir tanggal 16 November 2018. Dijelaskan pemeriksaan pendahuluan dimaksudkan melihat bagaimana Sistem Pengendalian Internal di Pemerintah Kabupaten Gunungkidul khususnya terkait SPI perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban di belanja. Sampel di DPUPRKP, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Dikpora, Dinkes, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, Dinas Perindag, BKAD, RSUD Wonosari, Setwan, dan Setda. Sedangkan Lingkup Pemeriksaan Terinci akan memeriksa belanja daerah apakah belanja modal dan belanja pengadaan barang jasa,termasuk belanja perjalanan dinas sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pemeriksaan Terinci akan dilaksanakan dari tanggal 21 November 2018 sampai dengan 22 Desember 2018 (31 hari kalender) dalam rangka memetakan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2018. Oleh karena itu nilai dasar dan kode etik BPK tetap dijunjung tinggi. Yusnadewi mengucapkan terima kasih, semoga kerjasama tetap berlanjut dan kinerja Pemkab Gunungkidul semakin baik. Pada acara tersebut ditandai dengan penyerahan surat tugas Tim Auditor BPK untuk melaksanakan Pemeriksaan Terinci yang diserahkan dari Yusnadewi kepada Bupati.

Pada kesempatan ini Bupati mengucapkan selamat datang kepada Kepala BPK Yusnadewi beserta tim Auditor BPK Perwakilan DIY. Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada BPK atas Pemeriksaan Pendahuluan berjalan dengan baik. Selama Pemeriksaan Pendahuluan, Auditor BPK telah berkomunikasi secara positif dan transparan kepada OPD Kabupaten Gunungkidul, terutama dalam memeriksa pertangungjawaban belanja daerah tahun anggaran 2018. Bupati juga menyampaikan untuk menindaklanjuti atas Pemeriksaan Pendahuluan, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul siap untuk menerima Pemeriksaan Terinci serta siap untuk mendampingi pemeriksaan fisik ke lokasi beserta fasilitas yang diperlukan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Harapan kami semoga adanya Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu atas Belanja Daerah Tahun Anggaran 2018 LKPD yang disajikan oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dapat tepat waktu dan disajikan secara wajar, sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan dengan harapan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan dapat dipertahankan.

 

sumber: Web Portal Gunungkidul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *