PSM Merayakan Ulang Tahun Yang Ke-49 Di Kabupaten Gunungkidul

Gunungkidul – Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) merayakan hari jadinya yang ke-49 dengan mengadakan sarasehan bertema “Merajut Kebersamaan Gotong Royong Menuju Terciptanya Kesetiakawanan Sosial” di Kabupaten Gunungkidul. Acara ini dihadiri oleh PSM dari seluruh kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ketua PSM, R. Anton Sutopo, menjelaskan dipilihnya Gunungkidul sebagai lokasi acara karena prestasi para pekerja sosial masyarakat sangat memuaskan dan membanggakan. Jajaran pengurus memutuskan untuk mengadakan acara milad ke-49 di Gunungkidul.

“Semua sepakat memilih Gunungkidul sebagai lokasi milad,” terang Anton diruang Rapat Setda, Senin (1/7/2024).

Menurut Anton, dalam usianya yang hampir setengah abad, PSM telah berperan signifikan sebagai relawan sosial yang selalu hadir membantu pemerintah dalam mendampingi masyarakat, khususnya yang masuk kategori Penerima Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

“Kami berupaya terus membangun PSM sebagai mitra yang tujuannya adalah untuk kebersamaan dan kesejahteraan sosial,” tambahnya.

Kepala Dinas Sosial DIY, Ibu Endang Patmintarsih, dalam sambutanya mengatakan, PSM adalah salah satu potensi sumber kesejahteraan sosial diantara12 Pusat Kesejahteraan Sosial (PSKS) dibawah Kementerian Sosial sebagai kepanjangan tangan pemerintah

“Saya mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-49 untuk PSM. Semoga tetap semangat dalam memberikan pelayanan kesejahteraan sosial yang tanpa pamrih,” katanya.

Endang juga menyampaikan bahwa meskipun saat ini dukungan operasional dari pemerintah provinsi belum optimal karena keterbatasan anggaran, namun pihaknya terus mencari mitra untuk mengembangkan pelayanan.

“Kami mengingatkan teman-teman PSM untuk memanfaatkan sumber daya yang ada, seperti dana desa dan bantuan dari Kementerian Sosial, provinsi, maupun kabupaten/kota,” ujarnya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, pelayanan PSM terhadap masyarakat harus semakin maksimal. Meskipun menjadi relawan bukanlah hal yang mudah dan banyak keterbatasan, upaya ini merupakan bentuk amal dan ibadah.

“Tidak semua orang mampu dan mau menjadi relawam seperi saudara ini, saya atas nama pemerintah memberikan apresiasi yang sangat tinggi,” paparnya.

“Dukungan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dan kekompakan para relawan dalam menjalankan tugas mulia mereka,” paparnya.

 

sumber: gunungkidulkab.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *