Bupati Serahkan Ijazah Kelulusan Siswa Kejar Paket, Apresiasi Semangat Belajar

Gunungkidul – Forum PKBM Gunungkidul menggelar Purna Wiyata dan Expose Hasil Belajar Pendidikan Non Formal TA 2023/2024 dengan mengusung tema “Greget Anggaguh Budi Luhur”.
Ketua Forum PKBM Gunungkidul Tugino memaparkan, jumlah satuan pendidikan non formal di Kabupaten Gunungkidul saat ini berjumlah 27 satuan dengan 26 PKBM dan 1 SKB.
“Dan jumlah peserta didik pada tahun 2023-2024 sebanyak 28 peserta didik yang sebagian besar hampir 70 % berusia di atas 25 tahun,” ujarnya.
Tugino juga menyampaikan, kelulusan dari pendidikan kesetaraan saat ini berjumlah 534 peserta didik yang terdiri dari 459 lulusan paket C setara SMA, 72 lulusan Paket B setara SMP, dan 4 lulusan paket A setara SD.
“Harapannya kita bisa meningkatkan indeks pembangunan manusia Kabupaten Gunungkidul, khususnya di rata-rata lama sekolah, karena menurut rilis dari BPS lama sekolah di Gunungkidul itu baru 7 tahun dan ini masih sangat rendah dibanding teman-teman di kabupaten kota,” tambahnya.
Bupati Gunungkidul Sunaryanta yang hadir dalam acara tersebut pun menyerahkan secara langsung ijazah serta beasiswa kepada para penerima, dan juga mengucapkan selamat atas kelulusannya.
Tentu untuk para wisudawan, pendidikan sangat penting dan dibutuhkan terlebih di era transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, tingkat pendidikan di Gunungkidul sampau saat ini untuk tamatan SD saja masih diangka 60 %, tetapi di beberapa wilayah atau daerah bahkan ada yang mencapai 65 %,” kata Bupati.
Dilihat dari skill dan pengalaman kerjanya, Bupati Gunungkidul pun yakin terhadap kemampuan para wisudawan.
“Kalau dari ilmu pengetahuan ya mungkin masih ada stratanya, tetapi kalau dari pengalaman-pengalaman kerja dan sebagainya, saya yakin kalau yang ada di depan saya ini untuk pengalaman sudah luar biasa, tetapi juga di sisi lain dihadapkan persyaratan sehingga kita juga harus memenuhi persyaratan tersebut meskipun secara review ya kalian memiliki keterampilan yang sudah kalian miliki,” kata Sunaryanta.
Acara wisuda tersebut diikuti lulusan peserta didik perwakilan dari 19 satuan pendidikan di Gunungkidul hadir juga mendampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul Nunuk Setyowati, selain itu juga digelar bazar expo dari setiap satuan pendidikan yang berlangsung di Pendopo Gedung SKB, Senin (24/6/2024).
sumber: gunungkidulkab.go.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *