Melaju ke Provinsi, Medali Emas Cabor Pencak Silat Santri MTs Al Ianah Playen Jadi Penutup O2SN SMP

Playen (MTs Al I’Anah Playen) — Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP yang diadakan Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul telah berakhir pada pekan ini. Pada Cabor Pencak Silat, di pertandingkan kelas Seni Tunggal Baku dan Solo Kreatif. Sadewa Imam (kelas 8B), mewakili MTs Al I’Anah Playen di kirim untuk mengikuti kejuaraan O2SN tersebut.

Pada event Pospeda antar Ponpes bulan Maret yg lalu, Sadewa juga berhasil meraih Medali Emas Kategori Seni Solo kreatif. Berbekal pengalaman tersebut, Sadewa tampil cukup percaya diri untuk mengikuti O2SN jenjang SMP. Pada babak Penyisihan hingga perempat Final Tunggal Baku Putra yang di gelar di Aula SMK Muh. 1 Playen, Sadewa berhasil mengalahkan lawan-lawan nya dari SMP Umum. Namun pada babak Final, Sadewa yang baru mempelajari Seni Tunggal baku sekitar 2 minggu terakhir, harus mengakui keunggulan lawannya. Adapun sistem penilaian Silat O2SN SMP tahun 2024 menggunakan sistem penggabungan Score: 60 Point untuk Juara 1 Tunggal baku dan 40 Point untuk Juara 1 Solo Kreatif. Pada Tunggal Solo Kreatif, Sadewa juga berhasil melaju hingga babak Final, akan tetapi di babak Final kalah tipis dari lawan nya dengan score 9,45 berbanding 9,55 dari lawan nya.

Dengan penggabungan score di 2 Final, Solo Baku (medali Perak) dan dan Solo Kreatif (medali perak), maka Sadewa Imam di nyatakan sebagai pemenang Juara 1 dengan score akhir 200. Berdasarkan info yang telah disampaikan, Juara 1 berhak maju dalam O2SN SMP tingkat Provinsi.

“Saya bersyukur, Sadewa cukup mampu memahami dan mempraktekkan materi yang kami berikan saat latihan hingga hari terakhir jelang lomba kemarin. Semoga hasil yang dia peroleh, tidak membuatnya lengah dan semakin memacu semangatnya untuk berlatih lebih baik lagi, apalagi nanti maju ke tingkat berikutnya, O2SN Tingkat Provinsi,” ucap Doni, selaku pelatih.

 

sumber: gunungkidul.kemenag.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *