Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kapanewon Ponjong Dan Semanu Di Kukuhkan Bupati

Gunungkidul – Bupati Gunungkidul mengukuhkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kapanewon Ponjong dan Kapanewon Semanu,Kamis (2/5/2024). KIM diharapkan dapat membantu menyampaikan informasi kebijakan pemerintah kepada masyarakat luas.

Panewu Ponjong Irwan Triwibowo mengatakan, ada 119 padukuhan dari 11 kalurahan yang mengikuti pengukuhan KIM diwilayahnya. KIM akan menjadi forum yang mampu menyebarkan informasi ke masyarakat.

“Ada akses langsung dari pemerintah, forum ini dapat memberikan penjelasan tentang kebijakan sehingga akan mendukung pembangunan,” kata Irwan.

Sementara Lurah Pacarejo Suhadi mengatakan, ada 109 padukuhan yang mengikuti pengukuhan KIM. Menurutnya KIM akan banyak berinteraksi langsung dengan pemerintah daerah sehingga informasi yang akurat dapat disampaikan oleh masyarakat.

“Masyarakat semakin tahu arah kebijakan pemerintah sebagai upaya Handarbeni Gunungkidul,” jelasnya.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta dalam sambutannya mengatakan, melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) komunikasi dengan pemerintah daerah akan semakin masif. Bupati mengajak seluruh warga masyarakat aktif dalam pembangunan.

“Jangan sampai masyarakat tidak tahu tentang Gunungkidul, masyarakat harus mengikuti dan mewarnai kehidupan di kabupaten yang kita cintai ini,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Gunungkidul Sunaryanta juga menyerahkan spesimen tanda tangan elektronik kepada Lurah se-Kapanewon Ponjong dan Semanu. Tanda tangan elektronik merupakan bagian dari transformasi digital.

“Dengan tanda tangan ini tidak perlu saling tunggu untuk mendapatkan tanda tangan Lurah,” katanya.

Kepala Dinas Kominfo Gunungkidul Setiyo Hartato mengatakan, antusiasme masyarakat untuk menjadi bagian dari KIM sangat tinggi. Jaringan KIM nantinya dapat digunakan untuk menangkal informasi negatif dan informasi yang tidak jelas kebenarannya.

” KIM yang mayoritas diisi oleh anak muda diharapkan mampu berperan dalam diseminasi informasi,” katanya.

 

sumber: gunungkidulkab.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *