Tingkatkan Sektor Pertanian,Kementerian Pertanian RI Bantu Pompanisasi

Gunungkidul – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menerima kunjungan dari Kementerian Pertanian, kedatangan tersebut untuk meninjau beberapa lokasi guna meningkatkan potensi pertanian di Kabupaten Gunungkidul melalui pompanisasi, Senin (22/4/2024).

“Gunungkidul punya potensi luar biasa, menurut laporan dari pak Wabup tadi untuk musim panen rata-rata baru satu kali, kita tambah lagi pompanisasi mungkin bisa meningkat,” kata Staf Khusus Menteri Pertanian, Sam Herodian saat meninjau lahan persawahan di Desa Pulutan.

Ia juga berharap, program pompanisasi ini kedepan dapat meningkatkan potensi pertanian serta memperkuat ketahanan pangan nasional.

Turut mendampingi, Wakil Bupati Heri Santosa menyambut baik program pompanisasi dari Pemerintah Pusat tersebut.

“Terima kasih atas program ini, setidaknya para petani dapat terbantu dengan adanya optimalisasi sumber air di Gunungkidul,” ujarnya.

Heri juga menjelaskan, dengan memanfaatkan sumber air dalam juga hulu hilir sungai Oya harapannya dapat meningkatkan potensi dan produktifitas petani.

Merespon program dari Kementerian tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Rismiyadi kehadiran program dari Kementerian adalah yang sudah ditunggu-tunggu.

“Saat ini sedang kita identifikasi, potensi pertanian yang biasanya hanya panen satu kali, kita dorong agar bisa tanam dalam setahun lebih dari satu kali” jelas Rismiyadi.

Rismiyadi juga menjelaskan, untuk dari Kementerian sendiri sudah menyanggupi mengirimkan 26 pompa secara bertahap.

“Ini nanti kita akan distribusikan ke 8 Kapanewon dan kedepan akan kita usahakan lebih banyak lagi,” terangnya.

Kementerian Pertanian bersama Wakil Bupati meninjau di dua lokasi yakni di area Persawahan Pulutan, Kapanewon Wonosari, dan Beji, Kapanewon Patuk dengan didampingi Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi juga Gapoktan terkait.

 

sumber: gunungkidulkab.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *