DPKP Provinsi DIY gelar Festival Cokelat di Nglanggeran

GUNUNGKIDUL – Cokelat yang menjadi favorit disegala kalangan tentunya menjadikan Kakao, bahan pembuatan cokelat menjadi komoditi menjanjikan jikan diolah dengan baik, menjadi favorit disegala kalangan tentunya menjadikan Kakao, bahan pembuatan cokelat menjadi komoditi menjanjikan jikan diolah dengan baik.

Kakao menjadi komoditi terbesar ketiga setelah kelapa dan kopi di Provinsi DIY, dan salah satu penghasil kakao berkualitas salah satunya di daerah Nglanggeran, Gunungkidul. Masih dalam rangka memperingati UU Keistimewaan ke – 11 tahun, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi D.I.Y menggelar festival cokelat di kawasan Taman Teknologi Pertanian Nglanggeran Kamis, (7/9/2023).

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY Sugeng Purwanto menjelaskan diselenggarakannya festival ini salah satunya untuk mengangkat potensi lokal.

“Cokelat menjadi komoditas perkebunan terbesar ketiga di DIY, dari petani dengan pola pikir yang sederhana dapat diolah menjadi sedemikian rupa,” tegasnya.

Sugeng juga menyampaikan bahwa DIY saat ini memiliki potensi coklat dengan luasan mencapai lebih dari 5000 hektar dan sebagian besar diantaranya di Gunungkidul.

GKR Hemas dalam kesempatan tersebut juga turut hadir membuka festival dan mengapresiasi kegiatan yang luar biasa tersebut

“Pengembangan Komoditi coklat sangat luar biasa ini harapannya jangan tidak hanya sampai berhenti di tingkat Provinsi, tetapi harus selalu ditingkatkan,” pungkasnya.

Dimeriahkan dengan stand dari Kelompok Tani dan Kelompok Wanita Tani yang menjual produk olahan berbahan dasar cokelat, selain itu juga dilaksanakan lomba memasak olahan berbahan dasar coklat yang diikuti siswa siswi sekolah dan kelompok wanita tani.

 

sumber: gunungkidulkab.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *