Bawaslu Gunungkidul Deklarasikan Pemilu Damai

Gunungkidul – Pesta Demokrasi yang ditunggu-tunggu sebentar lagi akan dimulai, perlu adanya kesiapan dari pihak-pihak penyelenggara. Untuk menujukkan kesiapan kabupaten Gunungkidul hingga tingkat desa dalam penyelenggaraan pemilu, Badan Pengawas Pemilu atau BAWASLU menggelar kegiatan “Deklarasi Pemilu Damai mewujudkan Pemilu 2024 di Kabupaten Gunungkidul yang Aman, Damai, dan Berintegritas.”

Diikuti seluruh anggota Bawaslu Kabupaten Gunungkidul dan perwakilan dari Partai Politik, Deklarasi diselenggarakan di Taman Budaya Gunungkidul, Sabtu (3/6/2023).

Tri Asmiyanto Ketua Bawaslu Kabupaten Gunungkidul mengatakan, dengan deklarasi ini menjadi sebuah momentum untuk bersinergi dengan seluruh pihak untuk mensukseskan pemilu yang Aman, Damai, dan Berintegritas.

“Bukan hanya dimaknai sebagai tugas dan wewenang, namun juga dapat mentransformasikan bahwa pemilu adalah milik bersama dan menjadi kesadaran bersama, bahwa pengawasan pemilu adalah tugas kita semua,” kata Tri.

Ia juga berharap dengan deklarasi ini dapat membangun spirit lokal dan nasional dalam nasional demokrasi yang kedepan akan melaksanaan pemilu tahun 2024.

Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto yang dalam kesempatan ini turut hadir pun mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Sinergi dan kolaborasi ini kita kuatkan, bahwa pemilu di kabupaten Gunungkidul akan berjalan aman dan damai,” kata Heri.

Dirinya juga berharap dengan diselenggarakannya pemilu yang aman dan damai masyarakat dapat memilih pemimpin-pemimpin untuk 5 tahun kedepan yang amanah.

Sampai saat ini, tahapan pemilu sudah sampai pada tahap pencalonan, “Pemilu adalah hajat bersama, tentu menjadi tanggung jawab bersama untuk mensukseskan penyelenggaraan yang penuh intregitas,” ucap Sutrisnowati Ketua Bawaslu DIY yang juga hadir dalam deklarasi tersebut.

Ia juga menambahkan, kegiatan deklarasi seperti ini menjadi bagian dari mitigasi bahwa masyarakat juga turut serta dalam pengawasan, untuk mewujudkan penyelenggaraannya sesuai dengan azasnya.

Dalam deklarasi tersebut hadir juga Sekretaris Daerah Sri Suhartanta, Kapolres Gunungkidul Edy Bagus Sumantri dan Kepala Kejaksaan Gunungkidul Rinaldi Umar serta dari perwakilan Forkopimda lainnya.

 

sumber: gunungkidulkab.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *