Atasi Kejenuhan Peserta Didik, Guru MIN 8 Gunungkidul Gunakan Big Book dalam Proses Pembelajaran

Semanu (MIN 8 Gunungkidul) — Ayu Nurhidayati, wali kelas satu MIN 8 Gunungkidul menyampaikan materi pembelajaran dengan alat peraga big book atau buku besar, pada Kamis (7/4/2022). Big book yang disusun sendiri oleh Ayu Nurhidayati ini memuat materi pembelajaran kelas satu tema tujuh dengan judul Benda Hidup dan Benda Tak Hidup. Big book dibuat menjadi buku bergambar yang menarik sehingga peserta didik tidak jenuh belajar menggunakan buku teks saja.

Ayu menuturkan bahwa buku telah menjadi sumber utama pengetahuan dan terus menjadi alat bantu pembelajaran hingga saat ini. Bentuknya pun semakin beragam. Selain dalam bentuk cetak seperti yang digunakan selama ini, buku kini juga tersedia dalam bentuk digital atau elektronik. Begitu pula dengan jenisnya.

“Dalam konteks pembelajaran di sekolah, guru kini tidak hanya menggunakan buku teks saja tapi juga buku nonteks seperti buku cerita untuk meningkatkan minat baca dan pada akhirnya meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik khususnya kelas bawah. Atas dasar itulah kami mengembangkan big book sebagai alat peraga,” ungkap Ayu.

Tampak peserta didik kelas satu sangat antusias mengikuti proses pembelajaran dengan big book. Harapan kedepannya semoga big book ini bisa membantu peserta didik lebih cepat memahami materi pembelajaran.

 

sumber: gunungkidul.kemenag.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *