Bupati Hadiri Peresmian Pembangunan Gedung Sanggar Seni Jodhipati

Gunungkidul – Pembangunan Gedung Sanggar seni Jodhipati di Garon, Tambakromo Kapanewon Ponjong diresmikan Bupati H. Sunaryanta, Sabtu (8/1). Gedung sanggar yang dibangun dukungan (JVS) Jan Vink Stiching Netherlands dan Yayasan Kawan Sejalan Yogyakarta senilai puluhan juta ini dengan luasan gedung ujuran 6 x 17 M, sebagai upaya mendukung pelestarian seni budaya.
 
Lurah Tambakromo Sudikto Wiyoko menyampaikan atas nama masyarakat mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Kawan Sejalan Yogyakarta dan JVS atas bantuan dan perhatian kepada masyarakat dengan hibah gedung.
 
“Mudah-mudahan sarana ini dapat menjadi upaya meningkatkan peran dan dalam pelestarian budaya melalui Sanggar Jodhipati. Sebagai Kalurahan budaya Tambakromo juga mendapat bantuan Gubernur berupa gamelan perunggu” terangnya.
 
Sementara itu Roni Ahmad Wahyudi ketua Sanggar mengatakan bahwa sanggar yang dihimpun bersama pekerja seni lainnya berdiri sejak 2018 memiliki tujuan memberikan edukasi dan kontribusi pelestarian bidang pedalangan dan karawitan. Harapannya dapat membantu pemerintah memperbaiki SDM di wilayah Tanbakromo.
 
“Dengan adanya gedung sarana hibah ini menjadi pemacu semangat baik dari pembimbing maupun peserta didik sanggar untuk terus mengembangkan keberadaan sanggar sehingga manfaatnya benar-benar dirasakan” terangnya.
 
Ir. Raja Saharudin dari Kawan Sejalan menyampaikan dengan dukungan dan peran seluruh pihak, gedung dapat di selesaikan kurang lebih waktu 3 bulan sejak 1 November 2021 sampai 1 januari 2022.
 
“Dalam setiap kegiatan hibah selalu di pantau perkembanganya, sehingga kedepanya jika ada kebutuhan tambahan fasilitas maupun bimbingan kepada proyek yang sudah di laksanakan akan terus dilakukan” katanya.
 
Dalam hal ini Bupati H. Sunaryanta atas nama pemerintah sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih dengan bantuan dan dukungan selama ini.
 
“Keberadaan sanggar semoga kedepan semakin aktif, dengan peran dan dukungan seluruh element masyarakat, pemerintah kalurahan dan Kabupaten keberadaan sanggat dapat memberikan dampak pergerakan ekonomi di kapanewon Ponjong dan dapat dikembangkan di sektor kepariwisataan” terang Bupati.
 
Peresmian gedung sanggar Jodhipati Geron Tambakromo Kapanewon Ponjong di tandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati.
 
Hadir dalam acara tersebut Bupati H. Sunaryanta, Ketua Dewan Kebudayaan, Kepala Dinas Kebudayaan, Panewu Ponjong , Lurah Tambakromo dan Perwakilan sanggar seni.
sumber: gunungkidulkab.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *