Bawaslu DIY Temui Bupati Untuk Penerapan Program Desa Demokrasi

Gunungkidul – Bupati Hj.Badingah, S.Sos menerima audiensi Bawaslu DIY dan Bawaslu Gunungkidul di Rumah Dinas Bupati, Jumat (20/11), terkait kerjasama Pemda Gunungkidul dangan Bawaslu DIY dalam penerapan Program Desa Demokrasi.

Disampaikan Kasek Bawaslu DIY Screning Dano, untuk menuju Bawaslu sebagai Satuan kerja mandiri disamping memiliki peran  pengawasan dalam pemilihan. Bawaslu juga harus mampu memberikan kontribusi positif bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat melalui program Desa Demokrasi bersinergi dengan Pemda Gunungkidul, maka diperlukan dukungan dan arahan dari Bupati Gunungkidul

“Sehubungan dengan Bawaslu sebagai Satker mandiri tentu kehadiran Bawaslu tidak hanya untuk pesta demokrasi atau momen Pemilu saja, namun demikian Bawaslu juga memiliki aktivitas dan harus hadir memberikan kontribusi positif kepada pemerintah Daerah Kab. Gunungkidul” terang Kasek Bawaslu Srening Dano.

Lebih lanjut disampaikan bahwa program ini juga merupakan nawacita Presiden RI, sehingga Bawaslu perlu berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah bagaimana program Desa Demokrasi ini dapat dijalankan di Kabupaten Gunungkidul untuk mempersiapkan Pemilu yang berintegritas serta membangun wawasan masyarakat untuk turut aktif berpartisipasi dalam pengawasan. Peran lainnya untuk melaksanakan program dalam membantu pemerintah daerah agar program pengawasan partisipatif dapat berjalan melalui sinergitas antara Desa Demokrasi dengan kegiatan berbasis masyarakat yang sudah terbentuk di Kabupaten Gunungkidul guna membangun integritas pemilih dengan standar dan parameter sesuai dengan tupoksi Bawaslu.

Dalam melaksanakan program ini nantinya dapat berjalan dengan baik maka  Bawaslu RI akan merekrut kembali para kader calon pengawasan partisipatif melalui Sekolah Kadet Pengawasan Partisipasi (SKPP) di Bogor. Tentu hal ini diperlukan support dari pemda Gunungkidul dalam membentuk pejuang demokrasi guna membantu pemda dalam mensosialisasikan integritas pemilih yang ideal.

Plt. Bakesbangpol Gunungkidul Drs. Wahyu Nugroho, M.Si menyampaikan pemerintah daerah siap memberikan dukungan untuk  kegiatan Bawaslu demi kelancaran tahapan pemilihan. Selain upaya yang terus dilakukan dengan membangun kebersamaan, pemerintah daerah senatiasa berdiskusi bersama Unsur Forkopimda guna meminimalisir potensi kerawanan selama tahapan pemilihan

Bupati Gunungkidul Hj. Badingah S.Sos atas nama pemerintah Kabupaten Gunungkidul mengucapkan terimakasih kepada Bawaslu atas kerjasama dan sinergitas yang sudah terjalin baik selama ini. Baik dengan Forkopimda, Penyelenggara KPU maupun masyarakat dalam mengadapi Pilkada tahun 2020 yang akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020. Pemerintah daerah tetap mendukung dan membantu untuk ketugasan Bawaslu dengan fasilitasi sarana dan prasarana, penerapan program keterlibatan alumni SKPP dirasa sangat positif, sehingga bisa terus fasilitasi namun harus didukung dengan payung hukum.

Dengan Program Desa Demokrasi dan Alumni Sekolah Kadet Pengawasan Partisipatif (SKPP) harapannya dapat berkolaborasi dengan kegiatan yang telah terbentuk di Kab. Gunungkidul seperti Desa Budaya, Desa Rintisan Budaya, Desa Tangguh Bencana guna menanamkan nilai nilai Demokratis kepada masyarakat. Perlu adanya partisipasi masyarakat dengan memperhatikan Nilai budaya demi menjaga kelestarian budaya dan kearifan lokal seperti gotong-royong, kerjasama, guyup rukun guna mendukung pembangunan di Gunungkidul

Hadir dalam Audiensi tersebut mendampingi Bupati Hj. Badingah, S.Sos, Plt Bakesbangpol Drs. Wahyu Nugroho, M.Si, Asisten I Drs. Sigit Purwanto, Plt Kastpol PP Agus Priyanto, SH.,M.M, Kabag Protokol Setd Gunungkidul Putro Sapto Wahyono, S.IP., M.T. serta dari Koordinator Divisi Sengketa Bawaslu Gunungkidul Is Sumarsono, Kasek Bawaslu DIY Screning Dano, Ketua Bawaslu Prov. DIY Bagus Sarwono, S.Pd.Si., MPA, Sekretaris Bawaslu Gunungkidul Budi Haryono.

 

sumber: gunungkidulkab.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *