Bupati Kukuhkan Pengurus Paguyuban Lurah SEMAR Gunungkidul

Gunungkidul – Keanggotaan pengurus Paguyuban lurah dan pamong kalurahan SEMAR secara resmi dikukuhkan oleh Bupati Hj. Badingah, S.Sos di Bangsal Sewokoprojo Wonosari, Senin (12/10).

Pengukuhan Kepengurusan SEMAR untuk masa jabatan 2020-2022 berjalan dengan khidmat dan menerapkan protokol kesehatan. Paguyuban SEMAR mewujudkan organisasi yang demokratis bermartabat dan bermanfaat, komitmen ini yang mendorong sehingga proses tersebut dari awal hingga akhir menjadi proses yang sangat profesional dan demokratis apalagi jika dikorelasikan dengan fungsi Lurah dan pamong Kelurahan yang sangat signifikan posisinya di dalam sistem pemerintahan termasuk pasca konversi dari Desa menjadi kelurahan.

Ketua panitia Suhadi Lurah Pacarejo mengatakan organisasi SEMAR para Lurah dituntut untuk menjadi pribadi inovatif yang siap pakai dalam segala kondisi, menjadi solusi di tengah kebuntuan bahkan menjadi pamong yang menebar kedamaian sehingga diperlukan wadah dimana kita belajar saling mengisi bersinergi dan saling peduli, sebab Kita sehati sejiwa senasib sepenanggungan.

“Paguyuban SEMAR yang berasal dari kata Samara bermakna bergegas dalam cerita pewayangan toko Semar sangat disegani oleh siapa saja baik kawan maupun lawan, Semar adalah sumber rujukan para ksatria senar memiliki watak jujur, rendah hati dan sangat mengasihi terhadap sesama itu pula yang mengilhami Lurah dan pamong Kelurahan untuk senantiasa mawas diri dan selalu berkenan untuk menjadi pribadi yang lebih baik”, terang Suhadi.

Ketua paguyuban SEMARr terpilih Heri Yulianto mengatakan bahwa pengukuhan menjadi awal perjalanan kedepan, forum tidak hanya sebagai simbol seremonial bahwa di Gunungkidul ada paguyuban seperti halnya di DIY. Namun adanya forum ini menjadi media dan fasilitasi kepentingan bersama dalam tata kelola pemerintahan. Di mulai dari wadah ini maka144 kalurahan bisa berbuat banyak untuk melakukan hal-hal besar untuk Kabupaten Gunungkidul dan menjadi partner kerja pemerintah.

Selesai pengukuhan Bupati Hj. Badingah, S.Sos dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dikukuhkannya pengurus SEMAR, semoga dapat bekerja secara maksimal dan taat aturan, berjalan sesuai koridor maupun norma pemerintahan sehingga tidak tersangkut masalah hukum.

Menyadari peran pemerintah desa dalam keikutsertaan mendukung program pariwisata, diakuinya bahwa pemanfaatan teknologi IT justru di awali dari desa, seperti contoh kecilnya adalah penerapan e-tiketing. Selain itu harapannya juga upaya meningkatkan sinergitas, komunikasi untuk pembangunan Gunungkidul.

“Seluruh desa sat ini telah disuport Diskominfo dalam pelayanan jaringan internet, sehingga tidak ada alasan lagi untuk wilayah yang blankspot, harapanya dapat di maksimalkan pemanfaatan IT tersebut” terang Bupati.

Hadir dalam pengukuhan tersebut Kepala DP3AKBPMD Sujoko, S.Sos., M.Si, Lurah Ngloro Heri Yulianto dan Pengurus SEMAR Gunungkidul.

 

sumber: gunungkidulkab.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *