Selain Penanganan Covid-19, Komisi B ingin Kerjasama dengan Wonogiri Meningkat

DPRD Gunungkidul kembali melaksanakan kegiatan kunjungan kerja atau kunker setelah sempat ditiadakan sejak Maret lalu karena pandemi Covid 19.  Seperti yang dilakukan oleh Komisi C, kali ini kunjungan perdana setelah sempat terhenti adalah ke Jawa Tengah. Dan pilihannya ke DPRD Kabupaten Wonogiri, dengan materi terkait tentang penanganan Covid-19, baik itu menyangkkut anggarn maupun tindakan di lapangan.

Rombongan Komisi C tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Gunungkidul Suharno,SE disertai seluruh anggota Komisi C, dan diterima oleh Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Wonogiri Bambag S didampingi Sekretaris DPRD Kabupaten Wonogiri.

Dalam penerimaannya, Bambang S menjelaskan terkait penanganan Covid-19 di Kabupaten Wonogiri bahwa untuk saat ini kondisi Kabupaten Wonogiri dalam penanganan Covid 19 Bupati sangat tegas dalam pengendalian covid 19, termasuk di Sekretariat DPRD Wonogiri dilakukan protokol kesehatan, walaupun saat ini zona hijau (aman) untuk waspada. Selain itu untuk Realokasi anggaran Kabupaten Wonogiri juga dilakukan dengan perubahan anggaran tahun 2020 sehingga APBD Kabupaten banyak anggaran yang di geser untuk penanganan covid 19.

Dengan adanya pandemic Covid-19 ini, imbasnya juga berpengaruh terhadap kinerJa DPRD Kabupaten Wonogiri. Anggaran miliaran rupiah yang dialokasikan untuk kegiatan DPRD Kabupaten Wonogiri dipangkas. Efisiensi anggaran itu dimaksudkan untuk kegiatan pencegahan dan penanganan Covid-19 di kabupaten setempat.

” Ini adalah wujud kepedulian kami dalam rangka bersama-sama bergotong royong, nyawiji melawan Covid-19,” ungkap Bambang S.

Menurutnya, salah satu bukti komitmen DPRD Wonogiri dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 adalah dengan mendukung refocusing kegiatan dan realokasi anggaran sesuai regulasi yang dikeluarkan pemerintah pusat. Salah satunya yaitu instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2020 tentang pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan covid-2019 di lingkungan pemerintah daerah.

Dalam hal ini DPRD Wonogiri telah melakukan efisiensi anggaran yang totalnya mencapai Rp 3.704.867.000. Di mana anggaran itu merupakan akumulasi efisiensi dua program kegiatan besar. Diantaranya, program kegiatan pelayanan administrasi perkantoran dan program peningkatan kapasitas lembaga perwakilan rakyat daerah.

Sebelum mengakhiri paparannya, Bambang S.  di hadapan rombongan Tamu Komisi C mengatakan bahwa kita  sebagai kabupaten tetangga yang berbatasan langsung, mari semakin kita tingkatkan kerjasama selama ini sebagaimana untuk mendukung wilayah selatan menjadi lebih diperhatikan bersama.

 

sumber: setwan.gunungkidulkab.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *