Pokdakan Mina Lestari Semanu Juga Panen Lele Hasil Sekolah Lapang

Setelah Pokdakan Mino Maju, Kepek, Watusigar, Ngawen memanen lele yang dibudidayakan pada saat kegiatan sekolah lapang seperti yang telah diberitakan sebelumnya, pada hari Jumat (17/1) giliran Pokdakan Mina Lestari, Tambakrejo, Semanu yang memanen ikan lele hasil budidayanya.

Anggota pokdakan yang merupakan ibu rumah tangga dusun setempat tersebut berhasil membudidayakan lele mulai dari pembuatan kolam hingga memanen dengan pendampingan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul melalui program kegiatan Sekolah Lapang Budidaya Ikan Air Tawar yang dilaksanakan oleh Bidang Perikanan Budidaya.

Hal tersebut tentu saja semakin menegaskan bahwa budidaya ikan khususnya lele sangat mudah dilakukan, termasuk oleh ibu rumah tangga seklipun.

Seperti yang disampaikan oleh Sularsih, Ketua Pokdakan Mina Lestari, menyatakan bahwa mereka sangat senang karena berhasil membudidayakan lele hingga dapat dipanen walaupun sempat mengalami kematian benih beberapa waktu setelah ditebar. Namun, secara keseluruhan hasil yang diperoleh cukup memuaskan.

Hasil panen pertama ini sendiri dijual dengan harga di bawah standar untuk penduduk sekitar. Dari hasil penjualan tersebut akan dibelikan benih dan pakan untuk kegiatan budidaya selanjutnya.

sumber: dkp.gunungkidulkab.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *