Bupati membuka Konsultasi Publik Rancangan awal RKPD Gunungkidul tahun 2021

Gunungkidul – Sebagai upaya memberikan arah program  dan kegiatan  prioritas  Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul  yang akan dilaksanakan  untuk mempercepat pencapaian target visi misi Bupati tahun 2021, dilaksanakan Konsultasi Publik  rancangan awal Rencana Kerja  Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Gunungkidul Tahun 2021 yang diselenggarakan di Ruang Rapat I Sekretariat Daerah, Rabu (15/1).

“Forum ini diharapkan dapat digunakan oleh para pemangku kepentingan menuangkan ide gagasan dan dapat menghasilkan kesepakatan terbaik untuk mewujudakan  kesejahteraan  masyarakat yang adil makmur dan merata”, kata Bupati Badingah saat memberikan sambutan pada acara konsultasi publik RKPD.

Badingah juga menekankan dalam kerangka RPJMD, bahwasannya daerah didalam melaksanakan pembangunan harus  diarahkan untuk meningkatkan dan memeratakan pendapatan masyarakat, mengoptimalkan kesempatan bekerja dengan memperluas lapangan usaha, memberikan akses dan kualitas layanan publik serta daya saing daerah.

Pada tahun 2021 pembangunan pariwisata masih menjadi program unggulan yang diharapkan dapat menguatkan perekonomian dan pendapatan masyarakat secara merata. Untuk mewujudkan hal tersebut dinilainya sangat dibutuhkan pengutan sinergitas dan integrasi antar sektor yang harus dirancang secara serius bagaimana sektor pertanian, industri, perdagangan, perikanan, kelautan dan sektor lain dapat mendukung perkembangan sektor pariwisata sehingga betul-betul bisa merata. Kedepan secara simultan tingkat kemiskinan akan semakin turun seiring dengan semakin meningkatnya pendapatan masyarakat terutama kesempatan kerja dan berusaha. “Selain itu peningkatan kualitas pelayanan, inovasi juga menjadi prioritas yang harus ditingkatkan tranparansi dan akutabilitas penyelenggaran pemerintahan harus di perbaiki sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah akan semakin meningkat”, tegasnya.

Masih banyaknya potensi besar di Kabupaten Gunungkidul yang bisa di kembangkan, dengan kemampuan keuangan daerah yang terbatas diharapkan dapat mencari peluang pembiayaan melalui APBD serta agar lbih meningkatkan sinergitas dengan semua pihak bersama-sama dengan masyarakat dalam mewujudkan pembangun yang lebih baik, tentunya yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian pemaparan dan diskusi terkait kebijakan umum bupati oleh Sekretaris derah Ir. Drajad Ruswando, MT., dan penyampaian pokok pokok pikiran DPRD Gunungkidul oleh Ketua DPRD, Endah Subekti Kuntarningsih, SE., dan narasumber yang lain, Kepala Bappeda, Sri Suhartanta, S.I.P, M.Si ., dan dari unsur akademisi, Dr. Rudy Badrudin, M.Si., Dosen dan peneliti STIE YKPN Yogyakarta.

 

sumber: gunungkidulkab.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *