Forum Arsip Desa se-Kabupaten Gunungkidul

Gunungkidul – Bertempat di-Ruang Rapat I Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul, Kamis, 5/9/2019, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul, menyelenggarakan kegiatan  Forum Arsip Desa se-Kabupaten Gunungkidul.

Acara ini mengambil tema Akuisisi Arsip  Budaya Desa dengan menghadirkan nara sumber CB. Supriyanto, Ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul.
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul memiliki tugas mengemban peran melakukan pembinaan kearsipan bagi seluruh OPD maupun pemerintah desa di seluruh Kabupaten Gunungkidul. Pembinaan kearsipan tersebut dilaksanakan dalam berbagai kegiatan yang melihat unsur-unsur  yang selama ini terlibat dalam kegiatan kearsipan.
Hadir dalam kesempatan ini Kepala Dinas Perpustaan dan Kearsipan,  Kepala Seksi Layanan dan Informasi Kearsipan dan Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul serta peserta petugas Arsip Desa sejumlah 144 Desa se-Kabupaten Gunungkidul.

Acara secara resmi dibuka oleh Asisten  Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. Sudodo, M.M. mewakili Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul.

Lebih lanjut Dalam sambutan tertulisnya Sekretaris Daerah menyampaikan  “Pengelolaan kearsipan yang semakin baik dan professional oleh setiap organisasi, akan mencerminkan kualitas dan dinamika tata kelola organisasi secara keseluruhan. Maka dari itu saya berharap setiap pemerintah desa di Gunungkidul, juga memberikan perhatian yang proporsional terhadap tata kelola arsip desa yang saat ini dikelola oleh Petugas Arsip Desa”

Dalam laporan pelaksanaan kegiatan ini Kepala Dinas   Perpustaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul menyampaikan maksud  dan tujuan penyelenggaraan kegiatan dilandasi oleh  pemikiran dasar  hukum Undang-Undang   Nomor 43 Tahun 2009, tentang Kearsipan, Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, Peraturan Kepala ANRI Nomor 8 Tahun 2009 tentang Program Arsip Masuk Desa dan Peraturan Kepala ANRI Nomor 14 Tahun 2009 tentang Pedoman Pengelolaan Arsip Pemerimtah Desa/Kelurahan serta Keputusan Pejabat Pengelola Keuangan Daerah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gunungkidul.

Setelah Pemaparan oleh nara sumber acara dilanjutkan dengan diskusi dan Tanya jawab yang dipandu oleh moderator.

 

sumber: Web Portal Gunungkidul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *