KOORDINASI TINDAK LANJUT KASUS ANTRAKS DI GUNUNGKIDUL

Dinas Kesehatan Gunungkidul melakukan koordinasi tindak lanjut kasus antraks di Gunungkidul.
Sebagaimana pemberitaan beberapa hari terkahir tentang ditemukannya ternak di Dusun Grogol Karangmojo yang positif terjangkit Antraks, maka Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul bekerja sama dengan BBTKL Yogyakarta pada tanggal 29 Mei 2019, mengadakan pertemuan penguatan petugas dalam rangka meningkatkan kewaspadaan kasus di Gunungkidul.

Kompetensi petugas diupdate agar lebih tanggap dalam penanganan kasus, tidak lupa pula diberikan pesan kepada masyarakat Gunungkidul agar tidak panik dalam dalam mengkonsumsi daging ternak, mengingat sebentar lagi memasuki Idul Fitri. Daging yang dimasak dengan benar akan aman dikonsumsi.

Dalam pertemuan tersebut tampak hadir Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul serta para pejabat dan narasumber dari BBTKL Yogyakarta. Adapun peserta pertemuan adalah dokter dan para medis Puskesmas se Gunungkidul.

Penanganan kasus Antraks di Gunungkidul dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan semua unsur terkait. penanganan terhadap hewan yang terkena Antraks dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan sedangkan penanganan terhadap manusia dilakukan oleh Dinas Kesehatan. Tokoh masyarakat dan pengampu wilayah mendukung petugas dalam memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya pengobatan hewan ternak serta membudayakan kebiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

 

sumber: DINKES Gunungkidul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *