Bupati Gunungkidul Apresiasi Peserta UNBK Paket B dan C

Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos., meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pendidikan kesetaraan program Paket B dan Paket C yang digelar Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul di SMP N1 Semanu dan SMK Ponjong.

“Saya bangga dengan saudara-saudara kita ini (peserta ujian). Meski sudah berumur tetapi masih memiliki semangat untuk mengikuti ujian kesetaraan ini,” ujar Bupati Badingah di sela-sela peninjauan di SMP N1 Semanu, Jumat, (12/04).

Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos., mengapresiasi meningkatnya jumlah peserta kejar paket C. Hal ini sebagai dampak multiplier efek terhadap meningkatnya kunjungan wisata di Gunungkidul. Remaja yang sebelumnya merantau sekarang pulang untuk bekerja disektor industri wisata. Agar mendapatkan posisi  kerja yang baik, bagi yang lulusan SMP kemudian menempuh kejar paket C.

“Banyaknya peserta kejar paket C ini diharapkan dapat meningkatkan massa menempuh pendidikan di Gunungkidul semangat untuk tetap belajar seperti yang dilakukan para peserta ujian kesetaraan paket C ini, harus bisa dijadikan contoh bagi generasi muda di Gunungkidul agar tetap semangat dalam mendapatkan ilmu pengetahuan”

Dirinya juga meminta kepada Disdikpora untuk melakukan pendataan bagi masyarakat yang putus sekolah. Tujuannya untuk meningkatkan indek pembangunan manusia (IPM) di Kabupaten Gunungkidul yang saat ini dinilai masih rendah.

Sementara itu, Kepala Disdikpora, Bahron Rosyid, menjelaskan, untuk tahun pelajaran 2018/2019 peserta yang mengikuti ujian paket B sebanyak 96 dan Paket C sebanyak 488, jumlah total berjumlah 584 peserta yang tersebar di 15 lokasi, SMK dan SMP di wilayah Kecamatan Paliyan, Saptosari, Girisubo, Ponjong, Semanu, Karangmojo, Wonosari, Gedangsari, Ngawen, Semin, dan Tepus.

Bagi yang tidak hadir sekarang dapat mengikuti UNBK Kejar Paket C susulan,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul H. Bahron Rosyid S.Pd., MM kepada Bupati di sela-sela pemantauan di SMPN 1 Semanu dan SMKN 1 Ponjong.

Kabid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD dan PNF)  Disdikpora, Nani Asyfiah, S.Sos., M.Si., selaku anggota tim penyelenggara  mengatakan, dari tahun ke tahun jumlah peserta kejar paket C terus meningkat. Banyak anak-anak muda yang pergi merantau dengan ijazah SMP, mereka pulang untuk menempuh ujian kejar paket C atau setingkat SMA. Tuntutan zaman terus meningkat, yang sebelumnya ijazah SMP sudah dianggap memadai, sekarang dituntut minimal  mempunyai ijazah setingkat SMA. Beberapa diantaranya menempuh kejar paket C akan digunakan mencalonkan diri sebagai anggota DPR lima tahun yang akan datang atau nyalon kepala desa.

Dalam pantauan UNBK Pendidikan Kesetaraan Bagi Paket B dan Paket Bupati didampingi, Kepala Bidang IKP Dinas Kominfo, Supriyanto, S.E., M.T., Camat Semanu dan bersama tim penyelenggara UNBK tersebut.

 

sumber: Web Portal Gunungkidul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *