Bupati Gunungkidul Menerima Penghargaan dari Ombudsman RI dengan Predikat Kepatuhan Tinggi dan Kompetensi Tinggi

Setiap tahun Ombudsman RI melakukan penilaian terhadap pelayanan publik melalui dua survei yaitu survey kepatuhan terhadap undang undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik dan survey kompetensi penyelenggaraan perizinan pemerintah daerah.

Survei kepatuhan ini melihat bagaimana standar pelayanan yang diinformasikan secara jelas kepada publik sedangkan survei kompetensi menilai bagaimana standar pelayanan tersebut diselenggarakan dan telah mematuhi peraturan Kementerian Dalam Negeri Nomor 138 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu. Hal tersebut disampaikan Ketua Ombudsman RI saat sambutan pada acara penyerahan Piagam Penghargaan Kepatuhan Tinggi dan Kompetensi Tinggi, di Ballroom Hotel Novotel Palembang, Senin, (11/03).
Pada tahun ini sebanyak 16 provinsi, 49 kota dan 200 kabupaten yang dilakukan penilaian oleh ombudsman, dengan mengkategorikan hasil penilaian  menjadi  tiga zona yaitu zona hijau untuk provinsi/kabupaten/kota yang memiliki nilai kepatuhan dan kompetensi tinggi, zona kuning untuk nilai kepatuhan dan kompetensi sedang dan zona merah untuk nilai kepatuhan dan kompetensi rendah. Dari penilaian ini hasilnya hanya ada 1 provinsi, 2 kota, dan 4 kabupaten yang masuk zona hijau sedangkan sebagian besar lainnya masih masuk zone kuning dan merah.

Dari empat kabupaten yang masuk zona hijau menurut survei dan penilaian  Ombudsman RI, salah satunya adalah Kabupaten Gunungkidul, dibawah kepemimpinan Hj. Badingah, dinilai pelayanan publik dan survey kompetensi penyelenggaraan perizinan pemerintah daerah sangat baik dan meraih nilai yang cukup tinggi yakni 96,44 untuk nilai kepatuhan dan 84,35 untuk nilai kompetensi.

Dengan nilai yang cukup tinggi tersebut Kabupaten Gunungkidul dianugerahi Piagam Penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi dan Kompetensi Tinggi.

Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Ombudsman RI, Prof. Amzulian Rifai, S.H., L.L.M., Ph.D., kepada Bupati, Hj. Badingah, S.Sos.

Dihubungi melalui sambungan telepon, Bupati Badingah, menyampaikan ucapan rasa syukurnya, berkat kerjasama dan kerja keras semua pihak Alhamdulillah kali ini pemkab kembali dipercaya dan dianugerahi penghargaan. Bupati berharap penghargaan ini akan menjadi pemacu, motivasi agar dapat bekerja lebih baik lagi dan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat tentunya pada pelayanan yang lebih baik lagi.

Turut hadir mendampingi Bupati, Asisten III Bidang Pemerintahan Umum, Ir. Anik Indarwati, M.P., Kepala DPMPT, Irawan Jatmiko, dan Kepala Bidang Pelayanan Informatika, Kelik Yunianto.

 

sumber: Web Portal Gunungkidul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *